Tingkat Kepuasan Pembelajaran Online Selama Covid -19 Menggunakan Metode C.45

Authors

  • Marlince NK Nababan Universitas Prima Indonesia
  • Karen Sharma universitas prima indonesia
  • Hagri Barus Universitas Prima Indonesia
  • Arjit Ram Universitas Prima Indonesia

DOI:

10.33395/remik.v6i3.11573

Keywords:

Covid 19, Data Mining, C4.5

Abstract

COVID-19 merupakan penyakit yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China dan mengakibatkan pandemi virus corona 2019-2020. Virus ini dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan seperti flu jika menginfeksi manusia. Sejak wabah Covid-19 di Indonesia, banyak sektor yang berdampak buruk, termasuk perusahaan, pendidikan, ekspor dan bidang lainnya. Indonesia dinyatakan memiliki kasus terkonfirmasi tertinggi di ASEAN. Dampak karena COVID-19 mungkin buruk dalam dunia pendidikan, proses belajar mengajar dilakukan secara online, ada kebijakan dari pemerintah untuk tidak berkumpul di satu tempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan mahasiswa dalam proses penerapan pembelajaran daring selama Covid-19. Proses penerapannya menggunakan algoritma C4.5 dengan menganalisis data kuesioner yang telah disebarkan kepada 120 mahasiswa Universitas Prima Medan. Kuesioner terdiri dari 10 pertanyaan. Proses analisis kepuasan dianalisis untuk mahasiswa di setiap program studi yang terdiri dari 9 program studi, analisis untuk setiap semester dan analisis setiap jawaban dalam satu pernyataan dan analisis jawaban berdasarkan perbandingan setiap pertanyaan yang diajukan kepada mahasiswa. hingga terbentuk pohon keputusan untuk memprediksi Pembelajaran Online Selama Covid -19. Setelah menerapkan algoritma C4.5 dan membandingkan nilai aktual dan nilai prediksi dari pelatihan, hasil yang diperoleh dari nilai akurasi sebesar 94,74% dan nilai uji yang diperoleh sebesar 80%.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Nababan, M. N. ., Sharma, K., Barus, H. ., & Ram, A. . (2022). Tingkat Kepuasan Pembelajaran Online Selama Covid -19 Menggunakan Metode C.45. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 6(3), 542-546. https://doi.org/10.33395/remik.v6i3.11573