Prediksi Customer Churn Pada Bisnis Retail Menggunakan Algoritma Naïve Bayes
DOI:
10.33395/remik.v6i1.11196Keywords:
customer churn, data mining, machine learning, naïve bayes, prediction, retailAbstract
Perusahaan retail seperti toko dan sejenisnya pada umumnya memiliki data customer yang menjadi anggota belanja dengan tujuan untuk menjalin hubungan yang saling menguntungkan antara customer dan toko, namun data customer seringkali tidak dikelola dan dianalisa dengan baik sehingga menyebabkan customer retail berhenti belanja di toko tersebut atau berpindah ke toko lain. Untuk dapat memprediksi kehilangan pelanggan, dibutuhkan model algoritma yang dapat memprediksi customer churn dengan akurat dan presisi. Untuk melakukan prediksi, maka dibuat model algoritma dengan naïve bayes dengan tujuan untuk memprediksi kemungkinan customer churn sehingga toko dapat melakukan tindakan preventif. Data customer diambil dengan klasifikasi yaitu jenis kelamin, grade point, kepemilikan kartu kredit, rentang usia, nilai rata-rata transaksi dan lama menjadi anggota. Data training dan testing dimasukkan ke dalam pemodelan naïve bayes dengan menghasilkan akurasi 80%. Naïve bayes terbukti dapat memprediksi kemungkinan customer churn berdasarkan data dan klasifikasi sehingga hasilnya dapat menjadi pendukung keputusan bisnis.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Agus Yulianto, Firmansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.