Penerapan Metode Apriori untuk Pembelian di Minimarket

Authors

  • Pradani Ayu Widya Purnama Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
  • Teri Ade Putra Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
  • Riandana Afira Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
  • Romi Wijaya Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang

DOI:

10.33395/remik.v9i1.14249

Keywords:

Algoritma Apriori, Data Mining, Market Basket Analisis, Transaksi

Abstract

Agar selalu dapat bertahan dalam persaingan bisnis ataupun minimarket, para pelaku bisnis minimarket harus terus mengembangkan bisnis mereka. Meningkatkan kualitas produk, penambahan jenis produk, pengurangan biaya operasional dan dilakukan analisis data adalah beberapa hal yang dapat ditingkatkan oleh pihak minimarket. Algoritma apriori adalah salah satu algortima terbaik dalam data mining, dengan menggunakan algoritma apriori dan metode market basket analisis ini,  peneliti dapat memahami pola pembelian konsumen dengan menganalisis produk-produk yang dibeli. Penelitian ini menghasilkan sebanyak 4 aturan (aturan 1 : Jika pelanggan membeli Produk Susu, mereka cenderung membeli Produk Roti, aturan 2 : Jika pelanggan membeli Produk Roti, mereka cenderung membeli Produk Susu, aturan 3 : Jika pelanggan membeli Produk Roti dan Produk Chiki, mereka cenderung membeli Produk Susu, aturan 4 : Jika pelanggan membeli Produk Susu dan Produk Permen, mereka cenderung membeli Produk Roti). 4 aturan yang didapat tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu referensi bagi pihak minimarket dalam mendukung keputusan untuk melakukan tindakan yang bisa meminimalisir terjadinya penumpukan barang.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Purnama, P. A. W. ., Putra, T. A. ., Afira, R. ., & Wijaya, R. . (2025). Penerapan Metode Apriori untuk Pembelian di Minimarket. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 9(1), 95-101. https://doi.org/10.33395/remik.v9i1.14249