Penerapan Metode Apriori untuk Pembelian di Minimarket
DOI:
10.33395/remik.v9i1.14249Keywords:
Algoritma Apriori, Data Mining, Market Basket Analisis, TransaksiAbstract
Agar selalu dapat bertahan dalam persaingan bisnis ataupun minimarket, para pelaku bisnis minimarket harus terus mengembangkan bisnis mereka. Meningkatkan kualitas produk, penambahan jenis produk, pengurangan biaya operasional dan dilakukan analisis data adalah beberapa hal yang dapat ditingkatkan oleh pihak minimarket. Algoritma apriori adalah salah satu algortima terbaik dalam data mining, dengan menggunakan algoritma apriori dan metode market basket analisis ini, peneliti dapat memahami pola pembelian konsumen dengan menganalisis produk-produk yang dibeli. Penelitian ini menghasilkan sebanyak 4 aturan (aturan 1 : Jika pelanggan membeli Produk Susu, mereka cenderung membeli Produk Roti, aturan 2 : Jika pelanggan membeli Produk Roti, mereka cenderung membeli Produk Susu, aturan 3 : Jika pelanggan membeli Produk Roti dan Produk Chiki, mereka cenderung membeli Produk Susu, aturan 4 : Jika pelanggan membeli Produk Susu dan Produk Permen, mereka cenderung membeli Produk Roti). 4 aturan yang didapat tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu referensi bagi pihak minimarket dalam mendukung keputusan untuk melakukan tindakan yang bisa meminimalisir terjadinya penumpukan barang.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pradani Ayu Widya Purnama, Teri Ade Putra, Riandana Afira, Romi Wijaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.